Pages

Sunday, September 16, 2012

Membuat Program Java Sederhana "Hello Java World"

java image

Dalam posting pertama ini saya akan mencoba untuk membuat sebuah program java sederhana. saat dijalankan, program ini akan menghasilkan string "Hello Java World" pada Command Prompt. ok langsung aja, buka notepad (Anda dapat menggunakan editor teks lain, misalnya notepad++). kemudian ketikan syntax dibawah ini:

public class HelloJava {
 
 public static void main(String[] args){
  System.out.println("Hello Java World");
 }
}

Simpan dengan nama HelloJava.java (nama file harus sama dengan nama class). dalam contoh ini saya menyimpannya di D:\blog\HelloJava.java. 

Berikut ini adalah penjelasan dari syntax diatas:
  • public class HelloJava: kita membuat sebuah class baru dengan nama helloJava, class ini bersifat public sehingga dapat dipanggil dari class lain.
  • public static void main (String[] args): membuat sebuah method dengan nama main. method main merupakan method pertama yang akan dipanggil oleh JVM. void artinya method ini tidak akan mengembalikan nilai apapun, static berarti method ini dapat dipanggil tanpa membuat objeknya terlebih dahulu (static method merupakan method yang dimiliki oleh class, bukan objek). method main memiliki parameter dengan tipe String array.
  • { }: simbol ini digunakan untuk menandai awal dan akhir suatu statement atau body.
  • System.out.println: digunakan untuk menampilkan keluaran berupa String pada command prompt.
Kemudian kita compile program diatas dengan cara sebagai berikut.
  1. buka command prompt, masuk ke direktori dimana program java kita telah tersimpan.
  2. ketikan javac HelloJava.java, tekan enter. jika tidak terjadi error berarti program telah berhasil di compile. kemudian ketik java Hellojava.java untuk menjalankan program, tekan enter, maka program akan menghasilkan output seperti berikut:
java image

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...