Pages

Thursday, August 29, 2013

Cara Menjadikan Android Sebagai Modem Via USB Tethering

android usb tether image

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menjadikan Android sebagai modem via USB Tethering. Disini saya menggunakan device Samsung GT-S7500 ace plus dengan versi Android 2.3.6 Gingerbread, untuk sistem operasi pada komputer menggunakan Linux Debian 6 (Squeeze). Bagaimana cara menjadikan android sebagai modem via USB tethering? berikut langkah-langkahnya,
Langkah pertama [mengaktifkan paket data pada device android]:
  1. masuk ke Settings > Wireless and Network > Mobile Networks
  2. centang pilihan Use packet data untuk mengaktifkannya

sekarang device anda telah terhubung ke internet.

Langkah kedua [mengaktifkan USB Tethering pada device android]:
  1. sambungkan device dengan komputer menggunakan USB cable
  2. masuk ke Settings > Wireless and Network > Tethering and portable hotspot
  3. centang USB Tethering untuk mengaktifkannya

seharusnya sekarang komputer anda telah terhubung ke internet dengan device android sebagai modemnya.

Linux Issue:
sedikit pengalaman saya dalam penggunaan USB Tethering, saya menggunakan sistem operasi linux debian 6 (squeeze). Pada saat saya sedang online saya diharuskan untuk mematikan USB Tethering untuk sementara, saya harus memutus sambungan USB cable karena alasan tertentu. pada saat saya telah selesai dan ingin mengaktifkan kembali USB Tethering, komputer tidak bisa menerima koneksi via USB Tethering dari device android. padahal device telah terhubung kembali menggunakan USB cable, USB Tethering pun sudah diaktifkan. akhirnya saya harus me-restart komputer agar dapat kembali menggunakan USB Tethering. jika anda sedang mengalami masalah yang sama, sebenarnya hal yang perlu kita lakukan hanya me-restart network-manager di komputer. berikut langkah-langkahnya:
  1. pastikan device android kita terhubung dengan komputer via USB cable
  2. aktifkan USB Tethering
  3. pada komputer, buka terminal
  4. masuk sebagai super user (root)
  5. pada sistem saya network-manager berada di /etc/init.d/, jadi saya menggunakan perintah /etc/init.d/network-manager restart untuk me-restart network-manager
  6. setelah network-manager di restart seharusnya komputer sudah bisa menerima koneksi via USB Tethering dari device android.

android usb tether image

oke sekian dulu tentang cara menjadikan Android sebagai modem via USB Tethering, semoga postingan-nya bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...