Pages

Monday, November 03, 2014

Cara Reset Password Windows 7

Bagaimana cara reset password Windows 7 pada komputer Anda? Apakah hal itu bisa dilakukan jika Anda terlanjur lupa dengan password untuk login ke Windows 7?

Jawabannya sangat mungkin, dan bahkan tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Pada postingan kali ini saya akan share cara reset password Windows 7, cara ini dapat digunakan pada semua edisi Windows 7, untuk versi 32-bit atau 64-bit.

Bagaimana Cara Reset Password Windows 7?

  1. Masukan DVD instalasi Windows 7 ke optical drive, kemudian restart komputer Anda. Anda juga dapat menggunakan bootable usb flash drive.
  2. Masuk ke Bios, kemudian rubah urutan booting pertama ke optical drive, simpan perubahan.
  3. Setelah komputer Anda booting melalui optical drive atau flash drive, klik Next.
  4. Klik link Repair your computer.
  5. Tunggu hingga system menemukan lokasi instalasi Windows 7 pada komputer Anda.
  6. Setelah lokasi instalasi Windows 7 ditemukan, perhatikan huruf drive yang ditemukan di kolom Lokasi. (Kebanyakan instalasi Windows 7 akan menampilkan drive D:, tetapi mungkin komputer Anda menampilkan drive yang berbeda dan itu bukan masalah).
  7. Pilih Windows 7 dari daftar Sistem Operasi kemudian klik Next.
  8. Dari System Recovery Options, pilih Command Prompt.
  9. Jalankan dua perintah berikut secara berurutan pada Command Prompt:

  10. copy d:\windows\system32\utilman.exe d:\

    copy d:\windows\system32\cmd.exe d:\windows\system32\utilman.exe
    Setelah menjalankan perintah kedua akan muncul pertanyaan konfirmasi, jawab dengan Yes.

    Penting: Jika lokasi instalasi Windows 7 bukan terletak pada drive D: (Langkah ke 6), pastikan Anda mengubah semua drive/huruf d pada perintah di atas dengan huruf drive yang benar.

  11. Tutup Command Prompt kemudian keluarkan DVD instalasi Windows 7 atau flash drive, restart komputer Anda.
  12. Kembalikan pengaturan booting pada Bios ke pengaturan sebelumnya (pastikan urutan pertama booting adalah hard drive, bukan optical drive atau bootable USB flash drive).
  13. Setelah masuk ke layar login Windows 7, cari ikon kecil di bagian kiri bawah yang terlihat seperti lingkaran dengan persegi di sekitarnya kemudian klik!
  14. Sekarang Command Prompt terbuka, jalankan perintah net user seperti yang ditunjukkan dibawah ini, ganti myusername dengan nama username komputer Anda dan mypassword dengan password yang baru yang selanjutnya akan Anda gunakan untuk login ke Windows 7.

    net user myusername mypassword 

    misal, username Rizki dan password newPassword

    net user Rizki newPassword

    Tip: Jika nama pengguna (username) memiliki spasi, gunakan tanda kutip ganda. misalkan,
    net user "Rizki Den" newPassword
  15. Tutup Command Prompt
  16. Login ke Windows 7 dengan password yang baru saja anda buat/reset

Sekarang Anda telah berhasil me-reset password dan sudah bisa kembali login ke Windows 7 Anda, saatnya untuk melakukan langkah terakhir. Meskipun langkah ini tidak harus dilakukan, tapi akan lebih bijaksana jika Anda mengembalikan system ke keadaan sebelum proses hacking diatas dilakukan. Karena jika Anda tidak melakukannya, maka Anda tidak akan memiliki hak akses ke fitur accessibility dari layar login Windows 7.

Untuk mengembalikan perubahan yang telah dilakukan, ulangi langkah 1 sampai 8 di atas. Saat Anda memiliki akses ke Command Prompt lagi, jalankan perintah berikut:

copy d:\utilman.exe d:\windows\system32\utilman.exe

Jawab pertanyaan konfirmasi dengan Yes, kemudian restart komputer Anda.

Penting: Mengembalikan perubahan yang telah dilakukan tidak akan berdampak pada password baru yang telah Anda buat. Apapun password yang Anda tetapkan pada langkah 13 akan tetap berlaku.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...