Pages

Wednesday, April 01, 2015

Memasang Widget Related Post di Blog

Memasang widget related post atau posting terkait dapat mendatangkan pembaca yang konsisten terhadap blog Anda, hal ini telah di buktikan oleh para pro blogger. Jika anda berkunjung ke beberapa blog yang telah populer kemungkinan besar pada akhir posting anda akan menemukan widget related post, yang dengan atau tanpa anda sadari anda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk membaca postingan terkait lainnya yang di sediakan melalui widget related post ini.


Misalkan pengunjung datang ke blog Anda dari mesin pencari, kemudian dia membaca postingan pada blog anda sampai selesai. Dalam hal ini, kemungkinan pengunjung akan meninggalkan blog anda setelah selesai membacanya. Tetapi jika Anda menyediakan link posting terkait selain posting utama, kemungkinan pengunjung akan merasa sangat tertarik untuk memeriksa link posting terkait tersebut. Sehingga hal ini dapat membuat pengunjung akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk memeriksa posting terkait lainnya pada blog Anda. Perlu di ingat, mereka datang untuk mencari sesuatu, jadi apapun yang terkait dengan hal tersebut akan membuat mereka tertarik untuk memeriksanya.

Itu sebabnya sebuah blog perlu fitur ini, tapi sayangnya Blogger tidak menyediakan fitur ini sebagai default. Maka dari itu pada postingan kali ini saya akan share cara tercepat dan termudah untuk menambahkan widget related post pada blog, yaitu dengan menggunakan LinkWithin.

LinkWithin adalah layanan yang menyediakan cara untuk menambahkan widget related post pada blog Anda. Beberapa kelebihan LinkWithin menurut saya adalah, tidak memerlukan proses sign-up, kemudahan dalam pemasangan, memberikan desain yang elegan dengan code yang minimal, dan tentunya layanan ini bersifat gratis.

Berikut langkah-langkah untuk memasang widget related post dengan LinkWithin:

Masuk ke LinkWithin, kemudian Anda akan menemukan sebuah form untuk membuat widget related post, kemudian masukan data yang diperlukan seperti email, alamat blog, dan platform.

Kolom Width menentukan berapa banyak posting yang akan ditampilkan, pilihannya 3-5 posting.

Kemudian ada sebuah check-box untuk menentukan apakah blog Anda menggunakan teks dengan warna terang (misalkan warna putih) dengan background gelap? jika ya centang check-box tersebut.

Jika Anda telah selesai dengan pengaturannya, klik tombol "Get Widget".

linkwithin_form


Selanjutnya ikuti langkah-langkah mudah yang disediakan pada LinkWithin.

Note: Biasanya widget related post yang baru saja Anda tambahkan akan membutuhkan waktu beberapa jam untuk proses indeksasi oleh situs pihak ketiga dalam rangka untuk menyediakan posting terkait lainnya yang relevan terhadap posting utama.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...